vitamin

Apakah Vitamin Termasuk Obat?

Menurutmu Vitamin Itu Obat Bukan Ya?

Untuk kamu yang sering menkonsumsi vitamin apa sudah tahu bagaimana dengan fungsi vitamin sebenarnya? Atau untuk kamu yang sekarang berencana untuk menkomsumsi vitamin bagaimana cara memilih vitamin yang tepat.

Dalam sebuah berita di kompasiana, ada sebuah fakta bahwa vitamin ini memang bukan obat dan baik untuk tubuh. Vitamin ini termasuk ke dalam suplemen yakni produk farmasi yang paling banyak diiklankan karena termasuk golongan consumer goods termasuk seperti mineral, dan bahan-bahan lain yang bukan termasuk kategori obat.

Tidak perlu bingung dengan banyaknya penawaran suplemen yanga ada di pasaran. Suplemen ini didefinisikan sebagai pelengkap untuk kegiatanmu sehari-hari pada kondisi khusus, artinya tidak bisa digunakan setiap hari.

Apabila tubuh kamu merasa harus konsumsi suplemen setiap hari atau merasa lemas ketika belum minum suplemen maka ada yang tidak beres dengan organ tubuhmu.

Kondisi Khusus Membutuhkan Vitamin

Kondisi khusus ini adalah keadaan seseorang yang pekerja keras, ataupun atletik yang memerlukan tenaga ekstra dalam kegiatannya sehari-hari. Meskipun suplemen tidak mengandung kalori untuk mengenyangkan tetapi zat yang terkandung dalam suplemen akan memproduksi energi dari makanan.

Kondisi wanita hamil, karena ada janin di dalam tubuhnya maka memerlukan suplemen untuk menambah kalsium untuk pembentukan tulang janin, tambahan zat besi untuk pembentukan sel darah janin, tambahan asam folat untuk pembentukan organ-organ janin, dan lain-lain. Begitu pula dengan Ibu menyusui yang harus menanggung dua tubuh untuk keperluan gizi seimbangnya. Dan anak dalam masa pertumbuhan juga memerlukan suplemen untuk pembentukan tulang dan sel-sel tubuh lainnya.

Dan bisa juga dibutuhkan pada wanita saat menstruasi, wanita mungkin memerlukan suplemen dari luar untuk mengganti sel-sel darahnya yang hilang.

Tentunya suplemen ini juga sangat dibutuhkan oleh orang yang kekurangan gizi, menderita sakit jangka panjang, atau orang yang telah menjalani pengobatan karena orang seperti ini membutuhkan suplemen untuk mengganti vitamin dan bakteri baik di dalam ususnya.

Maka dari itu pada kondisi biasa tubuh kita tidak memerlukan suplemen. Apabila tubuh kita sedang kekurangan nutrisi mineral dan vitamin maka kita harus memperbaiki asupan makanan dengan gizi yang cukup, didukung dengan olahraga rutin, istirahat yang cukup dan menghindari stress, atau pola hidup sehat lainnya yang harus diperhatikan.

Menurut sifat kelarutannya, vitamin ini dikelompokkan menjadi dua bagian:

  1. Larut Lemak

Golongan pertama ini adalah vitamin A, D, E, dan K atau yang sering disebut dengan ADEK. Vitamin ini sifatnya mudah larut oleh lemak apabila dikonsumsi berlebihan sisanya akan tertimbun di dalam jaringan tubuh, semakin banyak yang tertimbun maka akan berbahaya.

Inilah yang menjadi alasan kita untuk menjaga ola hidup sehat dengan tidak bergantung kepada suplemen, contoh hal berbahaya apabila ADEK yang larut lemak ini yaitu vit A apabila berlebih dapat mengakibatkan kulit kering, pecah-pecah, dan kondisi berupa penyakit lainnya.

2. Larut Air

Golongan ini yang larut dengan air yaitu Vitamin B dan C, dan kolin (kelompok vitamin b kompleks), vitamin ini tidak akan tertimbun di dalam tubuh apabila dikonsumsi berlebih karena larut oleh air maka akan dikeluarkan melalui urine atau feses.

Tetapi apabila berlebih maka menyebabkan overdosis yang menimbulkan penyakit lain seperti terlalu banyak minum vit C maka sakit maag dan batu ginjal karena vit C yang berlebih akan dikeluarkan melalui urine dalam bentuk oksalat.

Dalam beberapa situasi oksalat bisa terikat oleh mineral untuk membentuk kristal dan menjadi batu ginjal.

Semoga kita tetap sehat selalu, menjadi sehat dengan pola hidup sehat dan lebih aman menkonsumsi suplemen yang telah diajarkan secara turun temurun dari Nabi dan sudah terpercaya secara mendunia seperti madu, kurma, dan herbal lainnya.

Adapun madu yang kami rekomendasikan bisa di cek di www.lagibelanja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

telah membeli
45 menit lalu